Connect with us

10 Tempat Wisata Terkini dan Viral di Kota Palopo

Sulsel

10 Tempat Wisata Terkini dan Viral di Kota Palopo

293 Total Pengunjung.

Palopo adalah salah satu kota adminisdtratif di Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Palopo terletak di bekas wilayah kerajaa Luwu, Di Kota dengan julukan Kota Idaman ini Anda dapat menemukan destinasi wisata seperti tempat hiburan, cagar budaya, pantai, maupun air terjun. Semua destinasi wisata itu tentunya memiliki daya tarik masing-masing yang memukau. Dapat Anda kunjungi bersama sahabat, keluarga, sanak saudara ataupun orang tercinta untuk menyaksikan beragam pesona keindahan di Palopo.Jika Anda ingin berkunjung, dan masih bingung untuk menentukan destinasi wisata manakah yang patut untuk dikunjungi, Anda dapat menyimak 10 tempat wisata di Kota Palopo ini yang dapat Anda coba kunjungi.

10 Wisata Viral dan Terbaru di Kota Palopo

1. Air Terjun Latuppa

Palopo banyak menyajikan wisata alam yang indah, salah satunya air terjun Latuppa yang terletak di Kecamatan Mungkajang, Palopo, Sulawesi Selatan. Di sini, kamu bisa bermain air sambil menikmati pemandangan yang masih asri dan menghirup udara bersih hanya dengan membayar tiket masuk Rp 2.000. Kemudian untuk tarif parkir, harganya cukup terjangkau. Kamu cuma perlu membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan mobil Rp 5.000. Tempat ini pas untuk kamu yang penat dengan kehidupan di perkotaan. Air terjun memang buka 24 jam. Namun agar tetap aman, lebih baik tidak berkunjung saat malam hari.

2. Bukit 513

Alternatif lain untuk menikmati keindahan alam di Palopo adalah dengan mengunjungi Bukit 513. Dibenahi sejak 2015, objek wisata di Palopo satu ini menjadi populer karena panoramanya yang indah menjadi objek fotografi yang digemari para fotografer.  Suasananya yang sejuk dengan asrinya pepohonan menjadikan destinasi wisata Palopo ini cocok untuk bersantai sembari berfoto-foto.

Baca Juga:   Profil Desa Tana Toa, Yang Didalamnya Ada Kawasan Adat Ammatoa Kajang

3. Masjid Jami Tua Palopo

Palopo memang menyimpan jejak sejarah yang panjang. Dan Masjid Jami Tua merupakan salah satu destinasi wisata religi di Palopo yang menyimpan jejak-jejak sejarah tersebut. Dengan arsitektur tradisional khas Kesultanan Luwu, Masjid Jami Tua ini dibangun oleh Datu Puyung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi, salah satu Raja Luwu sekitar tahun 1604.

4. Bukit Kambo

Bagi pencinta spot instagramable, mereka bisa datang ke Bukit Kambo. Di sini, ada banyak spot selfie yang bisa digunakan sambil menikmati panorama alam. Dengan membayar Rp 40.000, kamu sudah bisa masuk dan menggunakan fasilitas kolam renang. Jika ingin berenang, tentu kamu harus membawa pakaian renang. Tempat wisata yang berada di Desa Kambo, Kecamatan Mukajang, Palopo ini juga menyediakan vila berbentuk lumbung dengan fasilitas tempat tidur, tv, toilet, dan camilan. Harga per kamarnya bervariasi. Jika ingin berkunjung, jam bukanya adalah 08.30-17.00 WIT.

5. Museum Batara Guru

Palopo juga punya tempat wisata museum yang menarik untuk dikunjungi jika tidak ingin bermain air. Salah satunya adalah Museum Batara Guru. Museum yang terletak di jalan Andi Jemma nomor 1, Batupasi, Kecamatan Wara Utara, Kabupaten Luwu ini awalnya merupakan istana raja. Baca juga: Indahnya Bukit Nane Selayar, Pilihan Wisata di Sulawesi Selatan Saar ini, museum dijadikan tempat penyimpanan barang-barang bersejarah. Dengan membayar tiket masuk Rp 5.000, kamu bisa mempelajari sejarah melalui sekitar 831 koleksi yang disimpan di sini. Museum yang buka pukul 08.00-16.00 WIT ini memiliki beberapa fasilitas yaitu toilet, perpustakaan, hingga mushala.

6. Istana Kedatuan Luwu

Jika Toppers masih tertarik dengan sejarah dari Kesultanan Luwu, Istana Kedatuan Luwu bisa menjadi objek wisata di Palopo yang bisa kamu kunjungi. Sebagai warisan budaya salah satu istana kerajaan tertua di Sulawesi Selatan ini memiliki arsitektur yang menarik untuk dipelajari serta nilai-nilai sejarah dan kebudayaan asli masyarakat Palopo di masa silam.

Baca Juga:   Inilah 12 Tempat Wisata di Bantaeng Yang Lagi Hits

7. Gua Kallo Dewata

Berada di Desa Lebang, Gua Kallo Dewata dahulu merupakan benteng pertahanan para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan jarak 9 km dari pusat kota Palopo, kini Goa Kallo Dewata lebih dikenal sebagai salah satu objek wisata di Palopo. Di dalam Gua ini, Toppers bisa menemukan berbagai perabot kuno yang terbuat dari batu. Hal menarik lainnya adalah lorong-lorong di gua ini sangat panjang dan terhubung dengan gua-gua lain yang berada di Palopo.

8. Lereng Cinta

Selain cocok buat destinasi liburan romantis, ini cocok juga untuk kamu yang mau foto prewedding. Soalnya desain tempat ini cakep banget guys. Sesuai dengan namanya yaitu Lereng Cinta, ornamen-ornamen yang ada di sini semuanya berbau cinta dengan warna merah muda lambang kasih sayang.

9. Pantai Labombo

Pantai Labombo yang berada di Jalan Salekoe, Palopo buka pukul 09.00-17.00 WIT dan merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk sekedar bersantai di gazebo bersama keluarga atau bermain air. Harga tiket masuk Pantai Labombo adalah Rp 15.000 per orang. Di sini, kamu juga dapat mencoba berbagai permainan, seperti outbond, sepeda air, flying fox yang menyenangkan.

10. Panorama Puncak Palopo

Bagi yang mencari tempat nongkrong yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, Panorama Puncak Palopo bisa dikunjungi. Lokasinya ada di Jalan Poros Rantepao-Palopo, Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Palopo. Kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan melihat pemandangan alam sambil menikmati mie kuah dan bakso dengan harga sekitar Rp 15.000 per porsi. Ada pula teh manis atau kopi dengan harga kurang-lebih Rp 5.000. Di sini, ada spot foto dengan latar belakang pemandangan pepohonan dan jalan poros yang bisa dimanfaatkan dengan membayar Rp 2.000. Baca juga: 3 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Sulawesi Selatan Jika datang saat malam hari, jangan lupa gunakan pakaian hangat sebab udara akan cukup dingin.[bp]

Baca Juga:   Wisata Dlingo Bantul, Wisata Seribu Batu Songgo Langit Jogja

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Wajib Dikunjungi!! 18 Tempat Wisata di Luwu Utara Paling Hits Saat Ini | Berakhir Pekan News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sulsel

To Top