Connect with us

Berakhir Pekan – 1001 Tempat Wisata Populer dan Viral Saat Ini

Cara MeRawat dan Membesarkan Anakan Piyik Lovebird

Kicau Mania

Cara MeRawat dan Membesarkan Anakan Piyik Lovebird

362 Total Pengunjung.

Sehabis sesi penetasan telah terlewati, hingga masa mengurus ataupun membesarkan anak merupakan fase yang sangat kritis dalam beternak Lovebird. Banyak yang menyarankan biar tidak sangat kerap membuka kotak sarang buat memandang piyik Lovebird. Anjuran ini hendaknya diiringi sebab bila indukan merasa tersendat, hingga mungkin besar indukan hendak menewaskan anakannya. Meski terdapat indukan yang sama sekali tidak merasa tersendat sebab kotak sarangnya kerap dibuka, hendaknya aktivitas ini dihindari. Lovebird membutuhkan waktu dekat 4– 6 minggu buat membesarkan anak sampai mandiri. Biarkanlah proses ini berjalan secara natural dengan“ kendala” yang seminim bisa jadi. Bisanya sehabis+/- 4 minggu hendak nampak anakan Lovebird yang mulai keluar dari kotak sarang.

 

Pendamping yang lagi meloloh anaknya hendaknya dicermati persediaan makanannya. Paling utama air minumnya jangan hingga kotor. Sebab air minum yang kotor dapat berdampak parah pada piyik- piyik yang diloloh induknya serta berujung pada kematian. Bilas senantiasa air minum di pagi hari serta ditukar di sore hari. Dengan demikian induk lovebird yang bangun di pagi hari bisa lekas meminum air yang bersih. Minggu awal serta kedua sehabis penetasan merupakan masa sangat kritis untuk anakan Lovebird. Berdasarakan penagalaman. Hindarkanlah pemberian sayur- mayur baik kangkung, toge serta yang lain pada masa ini sebab piyikan Lovebird belum dapat mengolah sayur- mayur dengan baik bila tidak dikunyah jadi halus oleh indukannya. Dampak pemberian sayur- mayur yang sangat dini dapat menyebabkan kematian dengan keadaan perut piyik Lovebird menggembung serta nampak dengan jelas serat- serat yang melilit di saluran pencernaan serta pembuangan kotoran. Adakalanya di tembolok piyik pula nampak santapan yang tidak bisa tercerna yang menyebabkan munculnya jamur putih kekuningan ditemboloknya yang masih tembus pandang. Banyak yang berargumen kalau piyik Lovebird nya baik- baik saja meski sayur- mayur kangkung senantiasa diberikan sehabis piyik menetas. Ini terdapat benarnya sebab terdapat pula indukan Lovebird yang mengunyah sayur- mayur jadi sangat halus sehingga dapat di cerna dengan baik oleh piyikan Lovebird. Perkaranya, beranikah kita mengambil efek? Darimana kita dapat ketahui kalau indukan hendak mengunyah sayur- mayur jadi halus saat sebelum dilolohkan ke anaknya? Merambah minggu ketiga, piyik telah mulai nampak berkembang bulu- bulu jarumnya, dikala ini jagung muda, sayur- mayur diberikan lebih banyak porsinya. Pencernaan pada piyik telah lebih baik. Sesekali bagikan biji matahari buat induknya selaku selingan.

Baca Juga:   Harga Burung Trucukan Terbaru 2021

Merambah minggu keempat, piyik telah mulai nampak menaiki lubang kotak, sesekali menghasilkan kepalanya buat mengamati kondisi diluar kotaknya. Pejantan pula telah langsung meloloh anaknya dari lubang kotak sarang. Disinilah kedudukan pejantan sangat berarti buat membesarkan piyik- piyik yang jumlahnya banyak. Jantan yang giat hendak membesarkan piyik- piyik yang lebih tua, sebaliknya sang betina hendak senantiasa meloloh piyik yang muda dari dalam kotak. Minggu kelima merupakan dikala mulai mengamati piyik yang telah jadi anakan dengan bulu yang mulai lengkap. Pisahkan anakan yang telah bisa terbang serta makan sendiri. Lihat dengan seksama, anakan yang telah mandiri hendak terbang ke dasar kandang serta mematuk- matuk biji- bijian yang jatuh buat dimakan. Sesekali dia hendak terbang ke tempat santapan yang ada serta mulai makan sendiri Anakan dengan identitas semacam ini, bisa lekas dipisahkan dari induknya. Supaya si induk bisa lebih berkonsentrasi pada anak yang lebih muda. Lihat senantiasa serta pisahkan seluruh anaknya yang telah mandiri satu persatu.

Meski tidak sering terjalin, tetapi terdapat kalanya pada dikala piyik telah menteas terjalin kematian pada indukannya. Bila yang mati merupakan jantannya, masih terdapat harapan kalau betina hendak mengurus anaknya sebab memanglah tugasnya. Kebalikannya bila yang mati merupakan betinanya hingga ini hendak jadi permasalahan yang sungguh- sungguh sebab biasanya jantan kesusahan serta nyaris tidak ingin meloloh anakan yang usianya masih dibawah 2 minggu.

Bila terjalin kematian pada betina, sedangkan piyik masihnberusia dibawah 3 minggu, hingga induk asuh merupakan solusinya. Bila kita memiliki banyak pendamping Lovebird, dapat ditipkan ke indukan yang lagi mengurus anakan yang+/- seumuran. Butuh dicermati kalau sistim titip ini pula tidak boleh melebihi kapasitas ataupun keahlian indukan dalam mengurus anak. Hendaknya sati indukan dibatasi maksimum 5 ekor piyik. Buat piyik yang berumur diatas 3 minggu hendaknya tidak harus dititipkan ke induk asuh. Upayakan kita sendiri yang meloloh anakan tersebut dengan memakai bubur balita instant. Bersumber pada pengalaman, tipe beras merah merupakan yang terbaik. Gabungkan sebagain susu bubur dengan air hangat serta aduk sampai menyeluruh. Pakai sendok makan serta lolohkan bubur balita pada piyik itu. Pada awal mulanya agak susah buat memasukkan bubur balita ke mulut piyik. Sehabis sebagian kali secara naluri piyik hendak paham buat makan. Lolohkan piyik itu dengan frekuensi 2– 3 jam sekali. Jangan hingga sangat kenyang, sebab hendak membuat sulit cerna pada temboloknya. Hanya ilustrasi, bagikan santapan tersebut dalam rentang waktu pagi hari jam 06. 00, 09. 00, serta 12. 00, dilanjutkan sore hari 15. 00 serta 18. 00. Malam hari jika ingin bisa diberikan pada jam 21. 00. Sesekali perkenalkan pula santapan lain semacam jagung serta biji2an semacam jewawut pada sesi dini sebab texture nya yang lembut. Buat jewawut, dapat ditaburkan dibawah sangkar serta perkenankan piyik berupaya memakannya. Buat jagung, hendaknya bagikan bijinya saja yang telah dipisah dari tongkolnya. Bagikan biji jagung tersebut satu per satu. Umumnya aktivitas meloloh tersebut cuma berlangsung sampai piyik berusia maksimum 8 minggu ataupun sehabis piyik telah dapat makan biji2an.[bp]

Baca Juga:   Burung Endemik Sulawesi Lengkap dan Terupdate 2021

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kicau Mania

Blogarama - Blog Directory
To Top