Connect with us

Cerita Mengenai Destinasi Wisata Toraja Utara

Toraja

Cerita Mengenai Destinasi Wisata Toraja Utara

77 Total Pengunjung.

Jangan mati sebelum ke Toraja, sebuah pameo yang lekat di ingatan penulis, ya Toraja adalah salah satu tujuan wisata unggulan di Sulawesi Selatan, bahkan di Indonesia. Pada tahun 1980-an Toraja adalah andalan wisata Indonesia setelah Pulau Bali. Sebelum lebih jauh, kita mesti menyamakan persepsi ya, jika kita menyebut kata Toraja, maka yang dimaksidkan adalah Kabupaten Toraja Utara yang beribukota di Rantepao, dan Kabupaten Tana Toraja yang beribukota di Makale. Dalam pembahasan artikel ini kita akan lebih condong membahas wisata di Kabupaten Toraja Utara atau menyebut kata Toraja Utara saja.

Penulis sudah beberapa kali ke Toraja Utara, dan terakhir yang penulis kunjungi adalah wisata viral terbaru Buntu Sopai, wisata terbaru Buntu Sopai ini adalah wisata Trekking yang tentu menyehatkan dan yang paling di buru para wisatawan adalah Keindahannya Buntu Sopai jika sudah berada di puncaknya, disini kita bisa melihat Kota Rantepao dan Kota Makale.

Selanjutnya mengikuti ritus budaya Toraja Utara yang lebih dikenal dengan Pesta Adat Rambu Solo’, pesta ada rambu solo’ ini adalah sebuah pesta kematian yang sarat dengan nilai budaya luhur dan layak diperkenalkan dan menjadi jualan wsiata Andalan di Toraja Utara khususnya dan Toraja Pada Umumnya.

Dan selanjutnya penulis sempat mengunjungi Desa Wisata Nonongan, pada saat penulis berkunjung kesini, kebutalan penulis ketemu sama rombongan studi banding dinas Pariwisata Kabupaten Barru.

Toraja utara kaya akan destinasi wisata, baiuk keindahan alamnya maupun keluhuran budaya dan adat istiadatnya, tak salah jika Toraja dijuluki “sepotong Surga yang jatuh ke bumi”. Satu hal lain yang penulis paling sering kunjungi adalah Pasar Kerbau di Bolu, Rantepao, pasar ini merupakan pasar tempat transaksi atau jual beli Kerbau se kawan Timur Indonesia. Di pasar ini kita bisa menjumpai aneka macam Tedong (kerbau) yang tentu harganya bagi orang luar Toraja termasuk Wah.

Jika penulis diberi kesempatan mengunjungi Toraja Utara kembali, maka penulis punya impian untuk mengeksplore semua destinasi wisata di tempat ini, dari yang sudah mendunia, sampai destinasi wisata baru di Toraja Utara, terutama Destinasi Desa Wisata yang pada tahun ini merupakan salah satu program yang akan membangkitkan Wisata di Indonesia, khususnya di Toraja Utara.[bp]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Toraja

To Top