Connect with us

Catat!!!! Ini Jadwal Ritual Adat Rambu Solo’ Toraja Terbaru Juni-Juli 2021

Toraja

Catat!!!! Ini Jadwal Ritual Adat Rambu Solo’ Toraja Terbaru Juni-Juli 2021

399 Total Pengunjung.

Rantepao, BerakhirPekan.com – Ritual Adat Rambu Solo’ adalah sebuah upacara pemakaman secara adat yang mewajibkan keluarga almarhum membuat sebuah pesta sebagi tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi. Kata Rambu Solo’ dalam bahasa Toraja yang secara harafiah berarti asap yang arahnya ke bawah. Upacara rambu solo’ berasal dari kepercayaan aluk todolo’. Istilah aluk rambu solo’ terbangun dari tiga kata, yaitu aluk (keyakinan), rambu (asap atau sinar), dan turun. Dengan demikian, aluk rambu solo’ dapat diartikan sebagai upacara yang dilaksanakan pada waktu sinar matahari mulai turun (terbenam). Sebutan lain untuk upacara ini adalah aluk rampe matampu’. Aluk artinya keyakinan atau aturan, rampe artinya sebelah atau bagian, dan matampu’ artinya barat. Jadi, makna aluk rampe matampu ’adalah upacara yang dilaksanakan di sebelah barat dari rumah atau tongkonan.upacara rambu solo sudah dilaksanakan dimulai kira-kira abat ke-9 masehi dan dilaksanakan turun-temurun sampai saat ini. Kata Rambu Solo’ dalam bahasa Toraja yang secara harafiah berarti asap yang arahnya ke bawah.Asap yang arahnya ke bawah artinya ritus-ritus persembahan (asap) untuk orang mati yang dilaksanakan sesudah pukul 12 ketika matahari mulai bergerak menurun. Rambu solo’ sering juga disebut Aluk Rampe Matampu’, ritus-ritus di sebelah barat, sebab sesudah pukul matahari berada di sebelah barat. Oleh karena itu ritus-ritus persembahan dilaksanakan di sebelah barat Tongkonan, rumah adat Toraja.

Bagi anda yang ingin menyaksikan langsung upacara adat rambu solo’ di Toraja, admin akan share jadwal rambu solo’ Toraja utara selama bulan Juni tahun 2021. Informasi ini valid karena kami dapat langsung dari sosmed dinas pariwisata Toraja Utara.

Daftar Isi

Jadwal Lengkap Ritual adat Toraja Rambu Solo’ bulan Juni- Juli 2021:

Rante tantanan, Tallunglipu, Toraja Utara
  • 5 Juni 2021: Pasang Simbuang Batu;
  • 7 Juni 2021: Ma’pokon;
  • 8 Juni 2021: Ma’pasa’ Tedong.
Tongkongan To’ria, Talunglipu, Toraja Utara
  • 16 Juni 2021: Ma’palele;
  • 17 Juni 2021: Ma’parokko Tando / Tuang-tuang;
  • 18 Juni 2021: Ma’parokko Alang.
Tongkonan Gare’ Tallunglipu, Toraja Utara
  • 19 Juni 2021: Manganto rokko’ gare’.
Rante tantanan, Tallunglipu, Toraja Utara
  • 21 Juni 2021: Ma’pasonglok;
  • 22 Juni 2021: mantarima tamu;
  • 23 Juni 2021: mantarima Tamu;
  • 25 Juni 2021: Mantunu;
  • 26 Juni 2021: Ma’kaburu.
Jadwal Rambu Solo’ di Sa’dan Tiroallo Toraja Utara

Jadwal Rambu Solo’ di Lembang Sa’dan Andulan Toraja Utara

Jadwal Rambu Solo’ di Tombang Bori’ Sesean Toraja Utara

 

Jadwal Rambu Solo’ di Museum Ne’ Gandeng Balusu’ Toraja Utara

Ok bagi anda yang infin berwisata ke toraja dan melihat secara langsung rambu solo; toraja, silahkan catat tanggal diatas, dan bagi anda yang ingin tahu apa sih rambu solo’ toraja itu. ayp ke Toraja.[bp]

Kata Kunci:

To kadundung sadan andulan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Toraja

To Top