Connect with us

Jembatan Kaca Bulukumba di Titik Nol Sulawesi – Wisata Viral di Tanjung Bira Sulsel

Sulsel

Jembatan Kaca Bulukumba di Titik Nol Sulawesi – Wisata Viral di Tanjung Bira Sulsel

423 Total Pengunjung.

Bira, Berakhirpekan.com – Sahabat Bpers, pada kesempatan kali ini Berakhir Pekan akan share artike mengenai Jembatan Kaca Bulukumba di Titik Nol Sulawesi – Wisata Viral di Tanjung Bira Sulsel. Untuk mendatangi langsung lokasi titik nol Sulawesi ini, terlebih dahulu memasuki Kawasan Wisata Bira, dan setelah pos masuk Anda berbelok kiri lalu naik ke daratan Pantai Timur Tanjung Bira.  Obyek wisata tersebut boleh dikatakan lumayan ekstrem, karena titik tersebut berada pada pertemuan arus angin barat dan angin timur serta arus laut dari arah Selat Makassar dan dari Laut Flores. Tak hanya itu, objeknya juga lebih terbuka, keindahan pemandangan matahari terbit (sunrise) maupun matahari terbenam (sunset) pun bisa disaksikan di Titik Nol Sulawesi ini. Tapi bagi Anda yang takut atau fobia dengan ketinggian, sepertinya harus berhati-hati. Pemandangan tebing dengan tangga-tangga menuju boardwalk, menjadi pemdangan indah di lokasi ini. Belum lagi, dengan hadirnya jembatan kaca yang membuat pengunjung serasa melayang di atas air. Di kawasan Titik Nol Sulawesi ini, terdapat prasasti atau penanda dari Titik Nol Kilometer Sulawesi Selatan yang berada di ketinggian 50 Meter dari atas permukaan laut (mdpl). Penanda dari 0 kilometer itu berbentuk bundar yang terbuat dari lempengan baja dan tertanam di tanah.  Ukurannya berdiameter sekitar 10 cm dan berwarna kecoklatan. Di samping penanda itu, juga telah dibangun tugu Titik Nol yang berbentuk Perahu Pinisi dengan logo Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan logo pariwisata Bulukumba di masing-masing sisinya.

Jembatan Kaca Bulukumba di Titik Nol Sulawesi – Wisata Viral di Tanjung Bira Sulsel

Titik Nol Sulawesi di Gagas SYL dan Disempurnakan Bpk Nurdin Abdullah

Pembangunan pedestrian sepanjang 1,1 km (kilometer). Kawasan ini menjadi destinasi wisata baru yang diperbaiki dan dirapikan di masa Pemerintahan Nurdin Abdullah bersama Andi Sudirman Sulaiman, dengan bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Sulsel. Berjarak 2 kilometer dari obyek wisata Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, wisata titik nol Sulawesi mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Keistimewaan Titik Nol Sulawesi dan Jembatan Kaca Bulukumba

Titik Nol Sulawesi memiliki suasana yang mirip dengan Pantai Appalarang. Hanya saja, di sini ada beberapa spot yang menarik. Di antaranya tangga kayu menuju ke pantai berbentuk angka 0, tugu Bira dan tugu Pinisi. Untuk mendatangi langsung lokasi titik nol Sulawesi ini, terlebih dahulu memasuki Kawasan Wisata Bira, dan setelah pos masuk Anda berbelok kiri lalu naik ke daratan Pantai Timur Tanjung Bira.  Obyek wisata tersebut boleh dikatakan ekstrem, karena titik tersebut berada pada pertemuan arus angin barat dan angin timur serta arus laut dari arah Selat Makassar dan dari Laut Flores. Tak hanya itu, objeknya juga lebih terbuka, keindahan pemandangan matahari terbit (sunrise) maupun matahari terbenam (sunset) pun bisa disaksikan di Titik Nol Sulawesi ini. Tapi bagi Anda yang takut atau fobia dengan ketinggian, sepertinya harus berhati-hati. Di Titik Nol ini ada dua kelebihan utama. Pertama, sebelah kiri kalau kita menghadap laut bisa lihat sunrise atau matahari terbit. Sementara di kanan kita bisa lihat sunset, matahari tenggelam. Jadi dari satu titik kita bisa lihat dua view berbeda, dan ini luar biasa. Keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya untuk ditelusuri. Setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing. Berbicara tentang tebing-tebing cadas yang berbatasan langsung dengan birunya laut lepas, masyarakat Sulawesi Selatan pasti langsung terpikirkan akan satu daerah, yakni Kabupaten Bulukumba. Bulukumba memang terkenal dengan keindahan pantai dan biru lautnya.

Baca Juga:   Titik Nol Sulawesi, Destinasi Wisata Terbaik Saat Ini, Tebing Uluwatu-nya Celebes

Salah satu daerah di Bulukumba yang terkenal akan pemandangan alamnya adalah Titik Nol Bulukumba yang terletak di Tanjung, Bira, Kec. Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Di daerah ini terdapat prasasti atau penanda titik nol kilometer Sulawesi selatan yang berada di ketinggian 50 meter di atas permukaan laut. Di sampingnya juga terdapat Tugu Pinisi, kapal tradisional dari tanah Sulawesi dengan logo pemerintah Kabupaten Bulukumba dan logo dinas pariwisata Bulukumba di masing-masing sisinya. Di wisata Titik Nol Bulukumba, pengunjung bisa menikmati deretan bebatuan tebing cadas alami di sisi kiri dan kanan sembari berjalan di atas tangga-tangga dan jalur kayu yang dibangun di antara tebing-tebing tersebut. Deretan anak tangga di tengah yang diapit oleh tebing-tebing cadas sering dijadikan pengunjung sebagai lokasi foto yang instagenik.

Objek wisata ini terletak cukup tinggi di atas permukaan laut dan berada persis di pertemuan arus angin barat dan angin timur, serta arus laut Makassar dan laut Flores. Dari atas lokasi wisata, pengunjung bisa melihat terumbu karang maupun air laut dengan gradasi dari bening, biru muda, hijau kebiruan, hingga biru gelap dikarenakan di sini air lautnya memang masih sangat jernih. Keunikan lainnya dari lokasi wisata ini yakni pemandangan matahari dari kedua sisinya. Karena cukup terbuka, pengunjung bisa menikmati sunset dan sunrise dari satu lokasi ini. Jika menghadap laut, pengunjung bisa menikmati sunset di sisi kiri, dan sunrise di sisi kanan. Jika ingin berkunjung ke sini, Teman Brisik terlebih dahulu akan memasuki kawasan wisata pantai Bira. Setelah melewati pos masuk, Teman Brisik bisa langsung berbelok kiri ke arah pantai timur Tanjung Bira. Meski melewati jalanan yang belum begitu mulus dan lumayan kecil, tetapi panorama yang menunggu seolah membayar tuntas perjuangan pengunjung menuju lokasi ini.

Baca Juga:   6 Tempat Wisata Terbaru dan Paling Hits di Malino Tahun 2021

Lokasi Jembatan Kaca Bulukumba

Lokasi wisata yang terbilang baru ini, masih terletak di satu lokasi dengan pantai Bulukumba yang sudah lama terkenal, yakni Pantai Bira. Meski masih terbilang baru, tetapi tampaknya pemerintah Kabupaten Bulukumba sangat memperhatikan wisata titik nol Sulawesi ini, terbukti dengan dibangunnya pedestrian atau jalur pejalan kaki sepanjang satu kilometer. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa fasilitas-fasilitas di kawasan ini memang belum selengkap fasilitas di lokasi wisata yang sudah berdiri lebih dulu, karena kawasan Titik Nol Sulawesi ini memang masih terbilang baru dan sedang dalam tahap pengembangan oleh pemerintah setempat. Di lokasi wisata ini belum terdapat pusat oleh-oleh dan tempat ibadah yang memadai. Selain itu, toilet di lokasi ini juga tidak begitu saya rekomendasikan. Meskipun begitu, di sini sudah terdapat lokasi parkir bagi para pengunjung walaupun tidak terlalu luas.[bp]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sulsel

To Top