Connect with us

Kerbau Mahal Toraja | Inilah Jenis-Jenis Tedong Mahal dan Langka di Toraja

Toraja

Kerbau Mahal Toraja | Inilah Jenis-Jenis Tedong Mahal dan Langka di Toraja

62 Total Pengunjung.

Kerbau Mahal Toraja – Nilai satu kerbau ditentukan oleh ukuran panjang tanduknya. Semakin panjang maka semakin berharga. Harga otomatis akan turun bila terdapat cacat pada tanduknya, atau bentuknya tidak proporsional dengan badan kerbau. Tanduk kerbau menjadi alat dekoratif yang bermakna dalam masyarakat. Di rumah-rumah tongkonan tanduk kerbau disusun di depan rumah, sebagai simbol status seseorang atau tongkonan. Masyarakat Toraja memiliki puluhan jenis kerbau yang sering dijadikan bagian dari upacara adat. Karena itulah jenis kerbau yang dinilai memiliki keunikan dan harga yang mahal dibagi menjadi beberapa klasifikasi. Orang Toraja menyebut kerbau untuk acara tradisi ini dengan sebutan Tedong. Buat kamu yang pengen tahu tentang kerbau yang sering dijadikan bagian acara ritual di Toraja, ini dia bebrapa jenis kerbau mahal dan unik di Toraja.

Jenis-Jenis Kerbau Mahal dan Unik di Toraja

  1. Tedong Saleko. Jenis kerbau ini dianggap yang paling mahal diantara jenis kerbau yang ada di Toraja. Harga kerbau Saleko ini bisa dibanderol hingga Rp 1 miliar. Keunikannya adalah warna kulitnya yang memiliki warna dasar putih serta belang hitam dan tanduk kuning gading dengan bola mata berwarna putih.
  2. Tedong Bonga. Tedong Bonga ini juga memiliki harga mencapai ratusan juta rupiah dan termasuk pribadona orang toraja karena warna fisiknya yang mirip dengan Tedong Saleko. Perbedaannya terletak pada warna dasarnya yaitu Tedong Bonga ini punya warna dasar hitam dengan belang putih.
  3. Tedong Lotong Boko’. Tedong Lotong Boko’ ini juga punya harga yang cukup fantastis dan berada di urutan ketiga hewan termahal dan terunik di dalam masyarakat Toraja. Tedong Lotong Boko’ ini punya corak belang hitam yang menutupi punggungnya dengan warna dasar putih.
  4. Tedong Balian. Pada saat pesta ada berlangsung, biasanya Tedong Balian ini akan jadi pusat perhatian orang-orang karena tanduknya yang panjang diantara kerbau jenis lainnya. Pada jenis tertentu tanduk dari Tedong Balian ini bisa mencapai 2 meter dengan postur tubuh yang gempal dan corak warna hitam keabu-abuan. Harga Tedong Balian ini biasanya dibanderol di atas 100 juta rupiah.
  5. Tedong Pudu’. Tedong Pudu’ ini sering dijadikan kerbau petarung dalam acara adu kerbau. Jika kerbau ini telah memenangkan pertarungan, biasanya harganya akan naik. Tapi meski begitu harga Tedong Pudu’ ini memang tak semahal kerbau yang udah disebutkan di atas. Tedong Pudu’ hanya berkisar antara puluhan juta hingga 100 juta rupiah aja.
  6. Tedong Todi’. Kerbau jenis ini memiliki khas kulit yang hitam dan memiliki belang putih di kepalanya. Tedong Tudi’ ini punya dua varian yaitu Todi’ dan Todi’ Gara. Bedanya terletak pada bola matanya yaitu Todi’ Gara memiliki mata berwarna putih. Harganya berkisar antara puluhan juta hingga 100 juta rupiah.
  7. Tedong Tekken Langi’. Tedong Tekken Langi’ ini memiliki tanduk yang panjang namun tidak simetris. Biasanya tanduk sebelah kiri menjulang ke atas, dan tanduk sebelah kanannya ke bawah atau sebaliknya. Kerbau jenis ini sering dijumpai pada upacara Rambu Solo’ dan acara adat lainnya. Karena kerbau jenis ini sulit dicari sehingga membuat harganya juga ikut mahal.
  8. Sang lampa taruno, artinya ukurannya sama dengan panjang ruas ujung jari tengah orang dewasa.
  9. Duang lampa taruno, artinya ukurannya sama dengan panjang dua ruas jari tengah orang dewasa.
  10. Sang rakka’, artinya ukurannya sama dengan panjang satu jari tengah orang dewasa.
  11. Limbong pala’, artinya ukurannya sama dengan panjang setengah telapak tangan orang dewasa.
  12. Sang kumabe’, artinya ukurannya sama dengan panjang telapak tangan orang dewasa.
  13. Sang lengo, artinya ukurannya sama dengan panjang ujung jari hingga pergelangan tangan orang dewasa.
  14. Sang pala’, artinya ukurannya sama dengan panjang pergelangan tangan ditambah empat jari.
  15. Sang  bussukan ponto, artinya ukurannya sama dengan panjang pergelangan tangan ditambah setengah lengan tangan orang dewasa.
  16. Alla’ tarin, artinya ukurannya sama dengan panjang hingga di atas siku
  17. Inanna, artinya ukurannya melewati siku.
  18. Tanduk tarangga. Tanduk tarangga yaitu tanduk yang keluar dan membentuk setengah lingkaran. Jenis ini sangat umum di Toraja. Untuk kerbau jantan, jenis ini sangat kuat dalam adu kerbau.
  19. Tanduk pampang. Tanduk pampang yaitu tanduk yang keluar melebar dan cenderung panjang. Tanduk jenis ini biasanya terbentuk dari kerbau balian. Kerbau jantan yang dikebiri untuk memperindah tanduk.
  20. Tedong tanduk sikki’. Tanduk sikki’ yaitu tanduk yang arahnya hampir sama dengan tarangga namun cenderung merapat bahkan ujungnya nyaris bertemu.
  21. Tanduk sokko. Tanduk sokko yaitu tanduk yang arahnya turun ke bawah dan hampir bertemu di bawah leher. Dengan warna tertentu nilainya menjadi sangat mahal.
Baca Juga:   Profil Kecamatan Balusu Kabupaten Toraja Utara

Demikianlah jenis-jenis kerbau atau tedong mahal dan unik di toraja, adapun klasifikasinya, dari warna bulu, mata, tanduk dan ekornya; dari bentuk tanduknya dan berbagai klasifikasi lainnya, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Toraja

To Top