Connect with us

Pasar Kuda Jeneponto | Pasar Kuda Terbesar | Satu-satunya di Pulau Sulawesi

Lipsus

Pasar Kuda Jeneponto | Pasar Kuda Terbesar | Satu-satunya di Pulau Sulawesi

1,415 Total Pengunjung.

Pasar Kuda Jeneponto – Pasar sebagai area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu. Baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Pasar merupakan suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu. Proses interaksi tersebut dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.

Pasar Kuda Jeneponto Pasar Kuda Terbesar Satu-satunya di Pulau Sulawesi

Lokasi Pasar Kuda jeneponto

Di Kabupaten Jeneponto Terdapat Pasar Unik ya Pasar Kuda Jeneponto, terletak di Samping Pasar Umum Tolo Kabupaten Jeneponto. Pasar Tolo dikenal sebagai pasar kuda terbesar di Sulsel. Lokasinya di Kelurahan Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto. Pasar tersebut berjarak kurang lebih 32,5 kilometer dari Kota Bontosunggu. Untuk mencapai lokasi, butuh kurang lebih satu jam perjalanan. Pasar tradisional itu berbatasan Kabupaten Gowa bagian selatan.

Kuda Adalah

Kuda dalam bahasa latin disebut Equus caballus, termasuk Famili Equidae, yaitu berkuku satu yang mulanya berasal dari jari tiga. Kuda yang saat ini tersebar di seluruh dunia sejatinya berasal dari binatang kecil yang oleh beberapa ilmuwan disebut sebagai eohippus atau dawn horse. Binatang kecil tersebut telah mengalami evolusi sekitar 60 juta tahun lalu. Tahun 1867, kerangka lengkap dari fosil Eohippus telah ditemukan di tebing eocene.

Fosil kuda hampir ditemukan pada setiap daerah di seluruh penjuru dunia. Hal tersebut menunjukkan bahwa ternak kuda dapat menyesuaikan diri terhadap iklim setempat. Penyebaran kuda dimulai  dari Amerika Utara ke arah Amerika Selatan, Asia, Eropa dan Afrika yang terjadi sekitar 1 juta tahun yang lalu pada akhir zaman es (9.000 SM). Sekitar abad ke-16 penjelajah Spanyol mendarat di Meksiko dengan membawa 16 ekor kuda dan selanjutnya kuda-kuda tersebut berkembang dan menyebar di wilayah Amerika. Sementara itu, perkembangan kuda di Indonesia dimulai sejak berdirinya kerajaan Hindu dan Budha pada abad ke-7 Masehi. Kerajaan-kerajaan ini memiliki armada maritim yang kuat sehingga mempercepat usaha perkembangbiakan dan penyebaran kuda ke seluruh wilayah Indonesia mulai dari Pulau Jawa sampai Sulawesi, bahkan ke pulau-pulau kecil lainnya.

Baca Juga:   13 Tempat Wisata Jeneponto Terviral Tahun 2021

Harga Kuda jeneponto Tahun 2021

Jika di Toraja Utara ada Pasar Kerbau Terbesar, maka di jeneponto Ada Pasar Kuda Terbesar. Pasar Kuda Tolo’ di Kelurahan Tolo’, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan adalah pasar yang terbilang unik. Banyak warga yang datang berbondong-bondong ke lokasi ini setiap hari Sabtu, hanya untuk sekadar menyaksikan transaksi jual beli kuda.

Di pasar ini, ratusan hingga ribuan kuda dari berbagai pelosok di desa, didatangkan untuk diperjualbelikan. Pasar Kuda Tolo’ dibuka setiap hari Selasa dan Sabtu, mulai pukul 06.00-15.00 wita. Bagi pembeli, selain bisa mendapatkan kuda berdasarkan pilihannya, harganya pun konon lebih murah. Seekor kuda rata-rata dijual seharga Rp 11.000.000- 15.000.000. harga terendah adalah Rp. 7.000.000 dan tertinggi adalah 35.000.000.

Kuda-kuda ini memang diternak oleh warga. Kabupaten Jeneponto sejak dulu memang dikenal dengan ternak kuda, bahkan sejak masa Kerjaan Gowa. Di kerajaan itu ada ribuan anggota pasukan berkuda yang berbasis di Jeneponto. Memang hampir setiap kepala keluarga di sini pelihara kuda, disamping kuda lokal di pasar tolo sendiri dijual kuda dari berbagai daerah termasuk kuda dari Sumba. Sementara, bagi pedagang kuda, hewan itu laris seiring dengan semakin tingginya harga daging sapi di pasaran. Umumnya, yang membeli juga merupakan pengusaha warung makan tradisional seperti halnya Coto Makassar dan Konro Kuda.

Foto-Foto Pasar Kuda Jeneponto:

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lipsus

To Top