Connect with us

Berakhir Pekan – 1001 Tempat Wisata Populer dan Viral Saat Ini

15 Tempat Wisata di Bulukumba Yang Lagi Hits

Sulsel

15 Tempat Wisata di Bulukumba Yang Lagi Hits

50 Total Pengunjung.

Bulukumba, Berakhirpekan.com – Kabupaten Bulukumba merupakah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Letaknya sekitar 160 kilometer dari kota Makassar. Di Bulukumba inilah 2 kerajaan besar di Sulawesi memutuskan untuk berdamai setelah perang saudara di abad ke-17. Selain cerita sejarahnya yang sangat menarik, kabupaten Bulukumba juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat mengagumkan untuk dikunjungi. Selain dikenal akan beberapa pantainya yang menawan, Bulukumba juga memiliki banyak destinasi yang bernuansa alam lainnya maupun sejarah. Tidak heran jika banyak turis local dari berbagai daerah memutuskan untuk mengunjungi Bulukumba. Berikut adalah 15 tempat wisata yang paling direkomendasikan ketika berkunjung di Bulukumba:

15 Tempat Wisata di Bulukumba Yang Lagi Hits

Donggia Hills

Donggia hills merupakan salah satu destinasi di Bulukumba yang cukup diminati oleh banyak wisatawan. Donggia Hills berupa hutan tropis, perbukitan hijau dan sungai yang berkelok-kelok. Meskipun jalan menuju tempat ini sedikit sulit karena bukit dan bebatuan licin, namun wisatawan tetap berdatangan karena perjuangan mereka terbayar oleh pemandangan yang fantastis di tempat ini. Objek wisata dengan ketinggian 1.400 mdpl ini terletak di dusun Larayya, desa Kahayya, kecamatan Kindang, kabupaten Bulukumba. wisatawan bisa menikmati pemandangan indah disini dengan bersantai dan berfoto tentu dengan background yang sangat indah. Tempat ini sering juga dijadikan tempat untuk berkemah karena sudah disediakan tempat khusus untuk camping.

Pantai Ujung Tiro

Pantai Ujung Tiro merupakan pantai tak berpasir yang terletak di desa Ara, kecamatan Bonto Bahari, kabupaten Bulukumba. objek wisata ini menyuguhkan pesona tebing batu yang indah sehingga tempat ini banyak dikunjungi wisatawan untuk sekedar berswafoto. Disini juga sering dilakukan aktifitas lain seperti memancing, snorkeling dan diving. Pantai Ujung Tiro memiliki pulau karang yang dihubungkan ke daratan dengan jembatan kayu maka tidak heran jika pantai ini sering disamakan dengan Tanah Lot yang merupakan salah satu objek wisata terkenal yang ada di Bali. Keindahan laut yang jernih, angin serta jembatan kayunya merupakan perpaduan yang sangat nyaman untuk bersantai dan berlama lama di tempat itu.

Baca Juga:   Menelusuri Kejayaan Kerajaan Gowa Lewat Reruntuhan Benteng Somba Opu Yang Tersisa

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung bira merupakan destinasi yang sangat popular di Bulukumba. Tanjung Bira terletak di Dusun Tanetang, Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Disini kita bisa menikmati pasir putih yang bersih serta keindahan laut yang sangat mengundang daya tarik wisatawan local maupun mancanegara sehingga jangan heran jika tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Selain berswafoto dan berenang, pengunjung juga bisa melakukan snorkeling dan diving disini. Pengunjungpun bisa tinggal berhari hari disini karena ada beberapa resort dan penginapan yang disediakan di sekitar Tanjung Bira.

Pantai Bara

Pantai Bara (Bara Beach) terletak tidak jauh dari pantai Tanjung Bira di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Meskipun letaknya sedikit tersembunyi, tapi keindahan yang tersedia juga tidak kalah dengan Tanjung Bira. Pasir putih, laut yang indah dan biru serta deretan pohon kelapa menjadi daya tarik pengunjung untuk mendatangi tempat ini bahkan sering dijadikan tempat untuk berkemah.

Tebing Apparalang

Tebing Apparalang merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Bulukumba. Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Di tempat ini memberikan pesona yang sangat luar biasa dengan keindahan tebing-tebing yang curam dan sangat eksotis. Kita bisa melihat keindahan laut dari atas tebing dan mendengar suara ombak yang menenangkan sehingga tempat ini banyak dikunjungi di akhir pekan untuk menghilangkan penat.

Pantai Marumasa

Pantai Marumasa berada di Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bone. Pantai ini menjadi favorite untuk berswafoto yang keren. Pantai dengan pasir putih yang bersih, dikelilingi pohon pisang yang mengurangi terik matahari ketika berkunjung, hamparan tebing yang masih sangat alami dan terawat maka tidak heran jika pantai ini menjadi surge kecil bagi wisatawan. Pengunjung bisa menikmati liburan bersama keluarga dengan menikmati pemandangan laut yang indah dan ombak kecil yang menenangkan.

Pantai Mandala Ria

Pantai Mandala Ria adalah wisata berkualitas international yang ada di Desa Lembanna, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba. Pantai ini telah menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 2017. Pantai ini menyimpan sejarah tentang Panglima Mandala yang memesan sekitar 24 kapal untuk penjajahan. Selain sejarahnya, di pantai ini terdapat air tawar bernama Ere La’bayya dan taman laut bernama Bili’iya. Bukan hanya itu, hamparan pasir putih dan air laut yang indah dan jernih sangat memanjakan wisatawan yang berkunjung di pantai ini.

Baca Juga:   Situs Tanah Bangkalae Watampone Kabupaten Bone

Bakung-Bakung, view sunrise

Seperti namanya, Bakung-Bakung view sunrise adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk menyaksikan sunrise maupun sunset. Wisata ini berada di Desa Lembanna, Wilayah Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Tempat ini menawarkan pemandangan hutan yang masih sangat hijau dan asri, laut biru yang terbentang luas sejauh mata memandang. Ditambah dengan tiupan angin yang segar dan suara ombak yang sangat menenangkan. Tidak hanya sampai disitu, di tempat ini juga telah menyediakan fasilitas untuk memanjakan wisatawan yaitu lapangan volli, tempat jogging, gazebo dan lain-lainnya.

Gua Passohara

Selain pantai dan bukit, Bulukumba juga memiliki gua yang bisa dijadikan pilihan wisata. Gua Passohara terletak di Desa Lambanna, Kecamatan Bonto Bahari. Bagi pecinta petualang, gua ini sangat direkomendasikan karena medan yang harus ditempuh sangat licin dan terjal sehingga cukup sulit untuk sampai ke dalam gua. Jarak dari mulut gua sampai ke dalam gua cukup jauh sehingga pengunjung harus mempersiapkan berbagai peralatan seperti senter, tongkat dan lain lain. Saat sampai ke dalam gua, perjuangan akan terbayarkan oleh pesona yang disuguhkan di dalam gua berupa mata air yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Goa Passea

Goa Passea merupakan goa asli peninggalan purbakala yang sudah berumur ratusan tahun. Banyak barang-barang bersejarah di dalam goa peninggalan manusia yang dihuni pada abad ke-8 SM. Goa yang merupakan tempat pemakaman pada zaman dahulu ini menyuguhkan pesona indah dengan adanya stalagmit dan stalagtit yang tersusun rapi di dalam goa. Jarak dari tempat parkir sampai ke dalam goa sekitar 200 meter dengan jalan yang sedikit sulit namun akan terbayarkan dengan keindahan tebing-tebing dengan berbagai ornament, batu yang menjulai tinggi, manik manik yang berkilau serta barang barang yang bersejarah lainnya.

Pantai Kasuso

Pantai kasuso memiliki ciri khas yang juga tidak kalah dari objek wisata lain yang ada di Bulukumba yaitu adanya Batu karang yang ada di tengah tengah laut. Batu karang tersebut dinamakan batu Taha yang sekilas mirip seperti pulau kecil di tengah laut. Selain ciri khas batu karangnya, pantai ini juga menyuguhkan keindahan pasir putih yang bersih dan tebing-tebing yang menjulang di sekitar pantai. Di tempat ini juga disediakan hammock bagi wisatawan sehingga wisatawan bisa bersantai sambil menikmati matahari terbit.

Baca Juga:   Wajib Dikunjungi!! Inilah 20 Tempat Wisata di Pare-pare yang sedang Hits Saat Ini

Tebing Panaikang Birayya

Tebing Panaikang Birayya terletak di Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Tempat ini merupakan tempat wisata yang dicari oleh pecinta cliff jumping atau melompat ke laut dari atas tebing. Tempat wisata ini menyediakan beberapa spot foto yang menarik pengunjung yaitu sebuah jembatan yang dijuluki jembatan pelangi dengan pemandangan laut lepas dan sepeda jadul pulau Bira.

Pinisi Park

Pinisi Park merupakan symbol ikonik wisata di Kabupaten Bulukumba. Terdapat danau kecil yang disambungkan oleh jembatan kayu menjadikan tempat ini bagus untuk berswafoto maupun duduk bersantai. Objek wisata ini menyediakan tempat duduk untuk pengunjung bersantai bersama teman maupun keluarga.

Pulau Kambing

Pulau Kambing merupakan salah satu tempat wisata yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya yang ada di Bulukumba. Pulau Kambing menyimpan pesona alam yang sangat menawan. Selain pasir putihnya yang bersih terdapat juga banyak bebatuan di bibir pantai sehingga pemandangan disana lebih menarik. Bukan hanya itu, bagi pecinta snorkeling wajib datang ke Pulau Kambing ketika berkunjung di Bulukumba. Hal tersebut dikarenakan terdapat terumbu karang yang sangat indah dan masih terjaga dengan sangat baik di bawah laut.

Puncak Pua Janggo

Puncak Pua Janggo terletak di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabuoaten Bulukumba. Nama puncak ini diambil dari nama seorang ulama bernama Pua Janggo. Objek wisata ini memberikan pemandangan hutan hijau yang sangat asri dan berdampingan dengan lautan biru yang elok. Dengan kesegaran udara dari hutan dan laut, tempat ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga dan sahabat.

Itulah 15 objek wisata yang ada di Bulukumba yang wajib untuk dikunjungi bersama keluarga maupun sahabat.  Anda tidak perlu khawatir untuk liburan berhari hari di kota ini karena banyak hotel dan penginapan yang disediakan di sekitar objek wisata.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sulsel

Blogarama - Blog Directory
To Top