Connect with us

Layak Dikunjungi!! Inilah 17 Tempat Wisata di Enrekang Bumi Masenrempulu

Sulsel

Layak Dikunjungi!! Inilah 17 Tempat Wisata di Enrekang Bumi Masenrempulu

80 Total Pengunjung.

Enrekang, Berakhirpekan.com – Kabupaten Enrekang merupakan sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan, Kabupaten ini menyimpan sejuta pesona yang tersembunyi dan masih banyak orang yang belum tahu akan keindahannya. Mulai dari situs wisata, situs bersejarah, spot foto foto , sampai air terjun yang memanjakan mata. Jika Anda punya rencana liburan ke Enrekang, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini Enrekang terkenal Sepi wisatanya, namun ternyata Kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, Sejarah, Religi maupun Kuliener yang tak kalah dengan wisata Makassar, Palu ataupun kota besar lainnya. Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Enrekang yang paling indah dan di rekomendasikan untuk di datangi. berikut kami ulas Tempat Wisata di Enrekang Terbaru yang Paling Direkomendasikan:

Layak Dikunjungi!! Inilah 17 Tempat Wisata di Enrekang Bumi Masenrempulu

Buttu Macca Enrekang

Buttu Macca EnrekangKawasan tempat wisata di Enrekang yang satu ini memang bisa dikatakan sangat menarik dan dapat membuat kalian jatuh hati. Konsep kawasan ini tak jauh berbeda dengan bukit watugede Gunung Kidul ataupun bukit panguk jogja yang sudah terkenal menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Jogja. Lokasi tempat wisata yang berada di Dusun Pulauan, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, ini pastinya akan menjadi salah satu destinasi wisata yang hukumnya wajib untuk kalian kunjungi. Kawasan wisata yang satu ini akan menghadirkan sensasi dan pemandangan keindahan enrekang pada kalian kalian. Berada di puncak bukit sembari menikmati pemandangan perbukitan yang indah, serta udara yang sangat sejuk segar. Siapa lagi yang dapat menolak keadaan dan kondisi alam yang seperti ini. Kawasan wisata ini sendiri sudah sangat terkenal di kalangan anak-anak muda enrekang. Mereka yang datang kesini pastinya ingin menikmati keindahan dan wahana wisata yang tersedia di lokasi ini.

Bukit Cekong

Bukit CekongKawasan wisata yang satu ini merupakan salah satu kawasan wisata ekstrim di Indonesia. Bukit Cekong sendiri memang pada awalnya adalah sebuah lokasi motor trail yang cukup terkenal di kawasan enrekang dan sekitarnya. Namun, semakin lama kawasan wisata yang satu ini kini telah berubah dan bertambah menjadi sebuah kawasan wisata yang sangat terkenal akan keindahannya. Banyak sekali wahana wisata tambahan yang ada di kawasan ini. jika sebelumnya mungkin kita hanya akan menikmati keindahan motor trail saja, namun ternyata ada banyak potensi wisata lain di kawasan ini. Salah satu wahana wisata yang cukup terkenal adalah sebuah ayunan ekstrim yang ada di pinggir jurang, jika kalian pernah ke tempat wisata wisata maribaya maka konsepnya tak jauh berbeda. Sebuah ayunan yang berada di pinggir jurang, dan menawarkan pemandangan indah yang mempesona. Sebelum kalian mencoba wahana wisata yang satu ini, maka pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah siap dan berani untuk merasakan sensasi menegangkan. Sekali kalian mencoba wahana yang satu ini, dapat dijamin bahwa kalian akan ketagihan dan adrenalin akan terpacu kencang.

Baca Juga:   Daftar Alamat Perwakilan PO Bus Piposs Sulawesi lengkap
Hutan Pinus Baredok

Hutan Pinus BaredokKawasan tempat wisata di Enrekang yang satu ini akan menawarkan suasana yang cukup berbeda bagi kita. Sebuah kawasan yang memang benar-benar akan memberikan kesempatan pada kita untuk menyatu dengan alam. Jika kita berkunjung ke kawasan wisata yang satu maka sebaiknya siapkan diri kita untuk bermalas-malasan dengan nyaman. Kawasan wisata yang berlokasi di Dusun Pasongken, Desa Buntu Mondong, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, ini memang merupakan sebuah lokasi wisata yang menarik. Biasanya kawasan wisata yang satu ini selalu dijadikan sebagai lokasi wisata bercamping para wisatawan. Udara yang masih sangat sejuk dan suasana yang tenang merupakan salah satu alasan kenapa lokasi ini menjadi pilihan para pemuda yang berada di Enrekang. Hutan pinus ini sendiri memiliki jarak, sekitar 40 km dari pusat kota Enrekang, dan berjarak 270 km dari pusat kota makassar. Untuk wahana wisata sendiri memang tak terlalu banyak, karena memang kawasan ini lebih mengedepankan suasana yang masih sangat alami sebagai salah satu daya tarik utama. Biasanya wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan wisata ini hanya bercamping atau hanya bersantai sambil berhammock ria. Untuk dapat mencapai kawasan wisata ini kita dapat menggunakan kendaraan pribadi yang terutama adalah motor.

Air Terjun Lewaja

Air Terjun LewajaSetelah tadi kita membahas mengenai beberapa  lokasi wisata yang cukup ekstrim dan menantang adrenalin di Enrekang. Maka kini saatnya kita untuk sejenak menikmati suasana wisata yang berbasah-basah. Kawasan wisata air terjun Lewaja merupakan salah satu kawasan wisata air terjun yang ada di  Enrekang. Kawasan wisata air terjun yang berada di Desa Lewaja, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, ini memang sangat layak untuk kita kunjungi. Sebuah tempat wisata yang akan menyajikan keindahan alam dan ketenangan suasana. Kawasan wisata yang satu ini berjarak sekitar 6 km dari pusat kota, waktu tempuh untuk menuju kawasan wisata yang satu ini hanya sekitar 15 menit saja. Namun, untuk perjalanan menuju kawasan wisata yang satu ini kita juga harus sedikit berhati-hati, karena jalan yang kita lalui bisa dibilang cukup menantang. Sebagai salah satu destinasi wisata air terjun di Indonesia, air terjun Lewaja ini sendiri memiliki keindahannya tersendiri. Sebuah keindahan yang berbeda dari yang lain. Selain bisa menikmati keindahan air terjunnya yang cantik, kita juga bisa berenang dan berendam di kolam pemandian alami Lewaja. Sebuah lokasi wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi.

Baca Juga:   Merdeka Run 2019, Event Lari di Kota Makassar 18 Agustus 2019
Mata Dewa Enrekang

Ingin mendapati Milky Way atau momen Star Trail di Enrekang? maka jangan lupa berkunjung ke Bukit Dondeng. Bukit ini kerap juga dijuluki Mata Dewa oleh masyarakat setempat. Di malam hari, tangkapan cahaya malam di sini akan tampak memukau bila kamu sedang beruntung, meskipun tidak mendapatinya kamu tidak perlu khawatir karena kerlap-kerlip kota enrekang bisa kamu jadikan alternatif lainnya. Selain itu, baik pagi, siang, dan sore hari, objek wisata ini dapat menghasilkan foto instgramable. Destinasi ini cocok bagi kamu yang gemar hunting foto sembari menggelar tenda di atas ketinggian. Lokasi: Mata Dewa, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Bukit Butu Tande

Menikmati keindahan alam dari ketinggian, juga dapat kamu lakukan di Butu Tande, salah satu bukit yang belakangan mulai hits di social media. Pemandangan cantik akan tersaji di sekitar lokasi, terutama jika kamu berkunjung di pagi maupun sore hari. Momen sunset dan sunris nampak instagramble di sini. Lokasi: Desa Kumadang, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Bukit Saletta Enrekang

Puncak Saletta nan eksotis menyuguhkan keindahan alam di lereng pegunungan yang luas membentang sejauh mata memandang. Padang rumput yang terhampar rapi menjadikan bukit ini sering disebut-sebut sebagai Bukit Teletubbiesnya Enrekang. Lokasi: Desa Tindalun, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Buttu Gigi Enrekang

Satu lagi destinasi bukit yang tidak boleh kamu lewatkan di Tindalun, yaitu Buttu Gigi. Tidak sama dengan bukit lainnya yang lebih dulu terkenal, Buttu Gigi merupakan bukit padang savana baru yang dibentuk atas dasar inisiatif remaja setempat. Objek wisata Buttu Gigi sejatinya berdekatan dengan Gunung Bambapuang, tidak jauh Buttu Mecca dan Bukit Saletta. Ketiga objek wisata ini berada di perkampungan Kotu. Lokasi: Desa Tindalun, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Buntu Sumbang Enrekang

Buntu Sumbang termasuk dari jejeran destinasi baru di Enrekang, mulai dikelola sekitar Juni 2017. Selain menawarkan keindahan hutan pinus, di pagi hari kamu bisa menikmati keindahan sunrise yang nampak dari arah gunung Latimojong. Di sini kamu akan dimanjakan dengan spot foto kekinian seperti bambu runcing, jembatan selfie, pintu langit, sayap malaikat, hingga bacround bunga mawar. Lokasi: Kelurahan mataran, kecamatan Anggereja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Dante Pine Enrekang

Jika sebelumnya ada wisata Cekong Hills yang menawarkan wahana extrem, saat ini Dante Pine menjadi satu-satunya spot wisata dengan wahana extrem di Sulawesi Selatan. Mulai dari tarzan swing, flying fox sejauh 500 meter, dan permainan seru lainnya yang memicu adrenalin. Beberapa spot foto kece juga berada di ketinggian dengan pemandangan jurang di bawahnya. Lokasi: Jl. Poros Enrekang-Toraja, Tanete, Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Baca Juga:   4 Tujuan Ekowisata Papua Idaman
Bukit Miallo Enrekang

Menikmati keindahan alam dari atas ketinggian bisa dilakukan di Bukit Miallo yang letaknya sekitar 30 km dari Kota Enrekang. Hanya butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan sepeda motor, dan wisatawan akan disuguhi dengan pesona alam di ketinggian layaknya negeri di atas awan. Lokasi: Dusun Panassang, Desa Tallu Bamba, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Waterbak Matua Enrekang

Waterbak Matua merupakan permandian unik dengan view lanscape pegunungan indah. Pemandian ini terlihat seperti bak penampungan air ketimbang kolam berenang dari sinilah nama tersebut muncul, yaitu Waterbak Matua. Waterbak ini berada di kedalaman 1,5 – 2 meter, sehingga diperuntukkan bagi yang bisa berenang. Cocok bagi kamu yang hobi berenang. Lokasi: Matua, Kecamatn Alla, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Laburan

Keindahan air terjun di tempat ini sangat mempesona. Dengan ketinggian sekitar 15 meter dan lebar 10 meter, aliran air terjun yang berasal dari pegunungan Bambapuang ini terasa begitu menyegarkan. Kicauan burung dan gemericik air menjadi simphony alam yang menyejukkan pikiran. Lokasi: Dusun Singki, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Kajejen

Di objek wisata ini pengunjung bisa menikmati sensasi liburan seru dengan bermain water tubing.  Pada akhir pekan, wisatawan juga bisa camping di kawasan wisata ini. Lokasi: Bisang, Lewaja, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Lagandang

Dengan ketinggian air sekitar 40 meter, pengunjung akan dimanjakan panorama alam yang begitu mengagumkan. Sensasi segarnya air terjun yang mengalir dari pegunungan menciptakan hawa sejuk yang menyegarkan pikiran. Lokasi: Dusun Benteng Banua, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Hutan Pinus Baredok

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa berkemah atau sekedar jalan-jalan menikmati keindahan alam sembari hunting spot foto keren. Udara yang sejuk dan lingkungan yang asri sangat cocok untuk ngadem dan menenangkan pikiran. Lokasi: Dusun Pasongken, Desa Buntu Mondong, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Kebun Massenrempulu

Objek wisata andalan Kabupaten Enrekang ini memiliki berbagai macam koleksi tanaman baik dari dalam maupun luar negeri. Ada beberapa taman yang bisa dikunjungi, seperti Taman Palem, Taman Hias, Taman Wangi, Taman Obat dan taman lainnya yang menarik. Di kebun raya ini juga terdapat kolam ikan dengan jenis ikan yang cukup beragam. Lokasi: Dusun Buttu Kuang, Desa Batu Mila, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.[bp]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sulsel

To Top