Connect with us

Wajib Di Kunjungi!! Inilah 16 Tempat Wisata di Lombok Yang Paling Hits Saat Ini

NTB

Wajib Di Kunjungi!! Inilah 16 Tempat Wisata di Lombok Yang Paling Hits Saat Ini

115 Total Pengunjung.

Lombok, Berakhirpekan.comLombok merupakan sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang dipisahkan oleh Selat Lombok dari Pulau Bali disebelah barat dan Selat Alas dari Pulau Sumbawa di sebelah timur yang menjadi bagian wilayah dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meliputi 2 pulau besar yaitu Lombok dan Sumbawa, Pulau Lombok sendiri terdiri dari 1 Kota Madya yaitu Mataram yang sekaligus merupakan Ibu Kota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan  4 Kabupaten yaitu Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur serta Lombok Utara. Secara geografis Pulau Lombok terletak di titik koordinat 8.565’S 116.351’E  dengan luas wilayah 4.514,11 km2 dimana Selat Lombok sebagai penanda batas flora dan fauna Asia. Mulai dari Pulau Lombok ke arah timur, flora dan fauna lebih menunjukkan kemiripan dengan flora dan fauna yang dijumpai di Australia dari pada Asia.  Pada abad ke-19 seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris Alfred Russel Wallace  adalah sosok yang pertama kali menyatakan hal ini sehingga untuk memberikan penghormatan padanya maka batas ini disebut Garis Wallace. Kali ini kami akan share infomasi mengenai tempat wisata paling populer di pulau lombok, langsung saja disimak ya.

Wajib Di Kunjungi!! Inilah 16 Tempat Wisata di Lombok Yang Paling Hits Saat Ini

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Ikon Lombok yang satu ini yaitu Gunung Rinjani, memang sudah banyak dikenal dan wajib dikunjungi. Terutama bagi Anda yang senang mendaki. Gunung Rinjani berlokasi di Lombok bagian utara dengan ketinggian 3.726 mdpl dan di sekitarnya terdapat Joben Ecopark hingga air terjun Mayung Polak yang bisa dinikmati.

Baca Juga:   6 Tempat Wisata Terbaru dan Paling Hits di Malino Tahun 2021
Danau Segara Anak

These photo show you all area of the Segara Anak lake with the view of the mount Baru Jari and the peak of Rinjani mountainDanau Segara Anak adalah tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Berada di sekitar Gunung Rinjani, Anda pun bisa sambil menyambangi Danau Segara Anak yang menawarkan keindahan alam memesona dari birunya air danau. Air Danau Segara Anak ini akan tampak berkilau saat terkena sinar matahari dan cocok untuk tempat wisata sekaligus menyegarkan mata.

Bukit Merese

Bentangan Bukit Merese. ANTARA FOTO/Aprillio AkbarBukit Merese adalah tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi dan cocok untuk spot prewedding. Wisata alternatif selain pantai juga ada di Lombok Tengah yaitu Bukit Merese. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati keindahan hamparan laut dari atas ketinggian. Keindahan area bukit Merese cukup terkenal, bahkan sering dijadikan lokasi foto prewedding karena ada banyak spot foto menarik dari berbagai sisi.

Desa Sade

Desa Sade, salah satu desa wisata yang terkenal dengan pengrajin tenunnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat.Desa Sade adalah desa yang terkenal dengan pengrajin tenun di Lombok dan menjadi tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Selain pantai dan bukit, di Lombok Tengah terdapat tempat wisata desa Sade yang memiliki bangunan rumah adat terbuat dari kayu, bambu, hingga alang-alang kering. Meski rumah-rumah desa Sade tradisional, mereka yang tinggal di desa tersebut masih orang dusun asli. Desa wisata ini juga terkenal dengan kekhasan tenun ikat yang telah mereka lakukan turun-temurun.

Gua Bangkang

Selagi di Lombok Tengah, Anda pun dapat menjelajah atau menelusuri Gua Bangkang yang menjadi tempat wisata tersembunyi. Daya tarik Gua Bangkang ini memiliki lubang besar yang bercahaya dan kerap dijadikan spot foto menarik bagi wisatawan.

Pura Meru

Salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi adalah pura tertua dan terbesar yaitu pura Meru, berdiri sejak 1720 dan berlokasi di kota Mataram. Pura Meru dinilai sebagai tempat sakral bagi warga Lombok dan cocok untuk dijadikan tempat wisata religi serta bersejarah.

Baca Juga:   15 Tempat Wisata Yang Lagi Hits di Kabupaten Sinjai
Pantai Seger Kuta

Tak hanya Bali, Lombok juga punya Pantai Kuta, lho. Pantai ini merupakan bagian dari kawasan wisata Mandalika yang berada di Lombok Tengah. Selain menikmati pantai yang ciamik, kamu juga bisa mendaki bukit di sekitar Pantai Seger di kawasan ini. Pemandangan dari atas bukit adalah hamparan pasir putih Pantai Kuta. Pantai Seger bisa diakses dari Bandara Internasional Lombok dengan kendaraan bermotor. Jaraknya sekitar 21 kilometer.

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun berlokasi di kawasan lereng Gunung Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur. Spot wisata ini menyuguhkan semacam gardu pandang dengan pemandangan unik di ketinggian sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut. Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan hijaunya hutan dan pegunungan. Selain menyegarkan, tempat ini juga Instagramable banget, lho.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berada di Lombok Tengah bagian selatan. Pantai ini sangat terjangkau, karena hanya berjarak sekitar 15 menit dari pusat Kota Mataram. Pantai Tanjung Aan menawarkan panorama yang sangat memesona. Pasirnya putih dan halus, airnya pun jernih kebiruan. Gak heran kalau pantai satu ini sanggup menyegarkan mata dan pikiranmu.

Rumah Pohon Gangga

Rumah Pohon Gangga memiliki konsep serupa dengan Taman Wisata Pusuk Sembalun, yakni gardu pandang yang berada di ketinggian. Rumah Pohon Gangga berada di Desa Gangga Mumas, Lombok Utara. Di tempat ini kamu juga bisa memanjakan matamu dengan pemandangan serba hijau. Lokasinya yang dekat dengan air terjun juga jadi satu hal yang menambah keelokan Rumah Pohon Gangga.

Bukit Selong

Bukit Selong atau Bukit Beleq berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Dari atas Bukit Selong, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat yakni bukit-bukit yang indah, serta hamparan sawah yang berwarna-warni.

Baca Juga:   [Terbaru] 19 Tempat Wisata Sinjai Terpopuler serta Viral
Air Terjun Madu

Tak jauh dari Bukit Selong, kamu bisa sekalian menyambangi Air Terjun Madu. Lokasinya masih di daerah Sembalun, tepatnya di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 20 meter. Airnya segar dan berwarna hijau kebiruan. Dari kejauhan, air terjun ini telah memancarkan keindahannya, sehingga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Pink Beach

Aerial view of Pink Beach, near Flores Island IndonesiaPink Beach adalah tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi dan cocok bagi Anda yang ingin snorkeling dan diving. Ingin menikmati suasana pantai tidak biasa? Jangan sampai terlewat untuk berkunjung ke Pink Beach di kawasan Lombok Timur. Pantai pink menawarkan keindahan pasir merah muda berpadu dengan jernihnya air laut yang tenang. Anda juga bisa snorkeling dan diving dengan membayar tiket masuk Rp10 ribu.

Pantai Malimbu

Destinasi wisata yang menawarkan keindahan pantai dari ketinggian itu menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Malimbu adalah tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi.  Tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah pantai Malimbu, karena pantai ini masih tidak terlalu ramai serta tidak banyak diketahui. Berada di kawasan Lombok Utara, pantai Malimbu memiliki pasir pantai yang lembut dan terdapat ‘Karang Bolong Malimbu’ sebagai ikonnya. Masuk ke pantai ini pun gratis.

Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Masih dari Lombok Utara, Gili Trawangan menyuguhkan para wisatawan untuk bisa melakukan snorkeling, scuba diving bagi yang bersertifikat hingga berselancar. Bagi yang tidak ingin bermain air, silakan mencoba berkuda, bersepeda atau sekadar naik delman keliling pulau kecil ini.

Gili Nanggu

Apabila ke Lombok Barat, Anda bisa menikmati wisata terumbu karang cantik dengan aneka ikan warna-warni di Gili Nanggu. Pulau ini juga cocok untuk snorkeling dan diving. Sedangkan untuk yang ingin menyewa perahu, harganya sekitar Rp300 ribu dan menampung hingga 10 orang.[bp]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in NTB

To Top