Connect with us

15 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Lagi Hits Saat Ini

Jateng

15 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Lagi Hits Saat Ini

255 Total Pengunjung.

Semarang, Berakhirpekan.com – Jawa Tengah disingkat Jateng adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 32.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa. Pengertian Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta
Jawa Tengah dikenal sebagai “jantung” budaya Jawa. Meskipun demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat. Selain ada pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini. Jawa Tengah sebagai provinsi dibentuk sejak zaman Hindia Belanda. Hingga tahun 1905, Jawa Tengah terdiri atas 5 wilayah (gewesten), yakni Semarang, Pati, Kedu, Banyumas, dan Pekalongan. Surakarta masih merupakan daerah swapraja kerajaan (vorstenland) yang berdiri sendiri dan terdiri dari dua wilayah, Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran, sebagaimana Yogyakarta. Masing-masing gewest terdiri atas kabupaten-kabupaten. Waktu itu Pati Gewest juga meliputi Regentschap Tuban dan Bojonegoro. Setelah diberlakukannya Decentralisatie Besluit tahun 1905, gewesten diberi otonomi dan dibentuk dewan daerah. Selain itu juga dibentuk gemeente (kotapraja) yang otonom, yaitu Pekalongan, Tegal, Semarang, Salatiga, dan Magelang. Sejak tahun 1930, provinsi ditetapkan sebagai daerah otonom yang juga memiliki Dewan Provinsi (Provinciale Raad). Provinsi terdiri atas beberapa karesidenan (residentie), yang meliputi beberapa kabupaten (regentschap), dan dibagi lagi dalam beberapa kawedanan (district). Provinsi Jawa Tengah terdiri atas 5 karesidenan, yaitu Pekalongan, Pati, Semarang, Banyumas, dan Kedu. Menyusul kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1945 Pemerintah membentuk daerah swapraja Kasunanan dan Mangkunegaran; dan dijadikan karesidenan. Pada tahun 1950 melalui undang-undang ditetapkan pembentukan kabupaten dan kota madya di Jawa Tengah yang meliputi 29 kabupaten dan 6 kota madya. Penetapan undang-undang tersebut hingga kini diperingati sebagai Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah, yakni tanggal 15 Agustus 1950.

15 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Lagi Hits Saat Ini

Gunung Merbabu, Boyolali

Untuk pendaki pendatang baru, Gunung Merbabu tidak mempunyai medan yang begitu susah buat dijelajahi. Karenanya, gunung dengan ketinggian 3. 142 m di atas permukaan air laut ini tercantum kesukaan di golongan pendaki. Puncak tertingginya, Puncak Kenteng Songo menawarkan panorama yang begitu memesona. Gunung Sindoro serta Sumbing juga bisa disaksikan dari atas puncaknya. Tidak hanya itu, kalian pula dapat menjelajahi padang sabana yang sering dijadikan selaku spot difoto ataupun semata- mata istirahat.

Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara

Tidak cuma Gunung Merbabu, Jawa Tengah masih menyisakan wisata gunung yang begitu sayang buat dilewatkan di Dataran Besar Dieng. Gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo serta Banjarnegara ini mempunyai keelokan alami tidak terbantahkan. Makanya, kawasan ini dijuluki selaku tempat persemayaman dewa- dewi. Dataran Besar Dieng juga tidak semata- mata menawarkan pesona gunung dengan puncak, kawah, serta telaganya. Turis pula bisa tiba ke Candi Arjuna serta Candi Dwarawati.

Goa Petruk

Berjarak dekat 38 km dari pusat kota Kebumen, Goa Petruk ialah salah satu destinasi wisata Jawa Tengah yang menarik. Nama Goa Petruk diambil dari nama tokoh Punakawan dalam pewayangan sebab ada batu yang mirip dengan hidung Petruk. Tetapi sebab kegiatan tambang di dekat gua, wujud hidung tersebut tidak lagi nampak begitu jelas. Tidak harus kecewa, ya. Soalnya Goa Petruk menaruh stalagtit serta stalagmit bercorak putih yang nampak indah.

Menganti Beach, Kebumen

Mau wisata tepi laut di Jawa Tengah? Harus banget kalian jalan- jalan ke Kebumen dengan bermacam opsi tepi laut yang dapat kalian jelajahi. Salah satu tepi laut eksotisnya merupakan Tepi laut Menganti dengan air laut yang jernih bergradasi biru kehijauan. Hamparan pasir putih juga menaikkan keelokan tepi laut tropis ini. Sebab ombaknya tidak begitu besar, kalian dapat bermain air serta berenang dengan lumayan nyaman. Sebab terletak di posisi yang agak jauh dari pusat kota, tepi laut ini jadi surga tersembunyi di tengah Jawa.

Karang Bolong Beach, Kebumen

Tepi laut ini pula tidak kalah cantiknya dengan spot yang tidak sering ditemui di tepi laut yang lain. Spot itu berbentuk karang yang bolong di pesisir tepi laut. Walaupun berpasir abu- abu, lapisan batu karang di tepi tepi laut senantiasa menjadikan tepi laut ini layak masuk dalam rute liburan di Kebumen, Jawa Tengah. Terlebih, kalian pula dapat sekaligus menyusuri gua hunian burung walet di dekat tepi laut, ialah Gua Pasir, Karangduwur serta Karang Bolong.

Baca Juga:   Wajib Dikunjungi, 11 Tempat Wisata di Wajo Yang paling Hits
Kepulauan Karimunjawa

Destinasi wisata bahari di Jawa Tengah ini sudah terkenal sehingga banyak didatangi turis dalam negeri ataupun internasional. Energi tarik Kepulauan Karimunjawa tentulah berpusat pada tepi laut pasir putih dengan perairan yang jernih. Beningnya air apalagi membuat wisatawan sanggup melihat keanekaragaman biota laut di kepulauan ini. Jika kalian memilah buat liburan ke Karimunjawa, nyatanya tidak hendak bosan sebab bisa melaksanakan bermacam berbagai kegiatan seru. Mulai dari berenang bersama ikan, menyelam, snorkeling, memancing, sampai berhubungan dengan penduduk setempat yang ramah dapat kalian jalani di mari.

Grojogan Sewu

Jika Semarang mempunyai Lawang Sewu berbentuk bangunan dengan seribu pintu, Kabupaten Karanganyar tidak kalah mempesonanya dengan Grojogan Sewu. Tempat wisata Jawa Tengah ini ialah air terjun dengan debit begitu deras sehingga diucap Grojogan Sewu ataupun pancuran seribu. Air terjun keren ini bakal membagikan atmosfer tenang dengan suara airnya yang bergemericik. Tidak cuma itu, kalian pula dapat menikmati sarana wisata jawa tengah yang lain, di antaranya flying fox, mini rafting, halaman fauna serta toko cinderamata. Oh iya, jangan melupakan peluang buat menyantap kuliner warga setempat, ialah sate kelinci.

Telaga Sepi, Purwokerto

Untuk pencinta atmosfer tenang serta jauh dari keramaian, Telaga Sepi tentu hendak sesuai banget, deh. Dari namanya saja, Telaga Sepi ialah mata air natural yang berlokasi lumayan terpencil. Walaupun ekspedisi yang ditempuh lumayan jauh, wisatawan hendak dipuaskan dengan pesona panorama alam alam di dekat telaga. Sejuknya hawa pastinya hendak menjadikan kalian lebih rileks buat kembali ke rutinitas setiap hari sehabis menjelajahi tempat wisata Jawa Tengah.

Kota Lama, Semarang

Liburan di Jawa Tengah dapat kalian awali dari pusat provinsi, Semarang. Jika kalian mau melaksanakan ekspedisi waktu ke masa kemudian, Kota Lama merupakan tempat wisata jawa tengah yang sempurna. Semacam Kota Tua di Jakarta, Kota Lama Semarang ialah kawasan dengan gedung- gedung kuno.

Kalian bisa melihat bermacam gedung dengan arsitektur tempo doeloe, semacam Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang, serta Polder Air Tawang. Jadi, berkelana Kota Lama hendak buat kalian lebih takjub dengan sejarah Semarang di masa dulu sekali.

Taman Lawang Sewu, Semarang

Halaman Lawang Sewu pula ialah bangunan kuno, namun tidak berlokasi di kawasan Kota Lama. Menariknya, aset Belanda semenjak tahun 1919 yang diketahui angker ini ialah bangunan dengan banyak sekali pintu cocok namanya. Jendela- jendela yang besar serta lebar dikira selaku pintu serta masih nampak indah hingga dikala ini. Sebab itu, walaupun sering dikisahkan selaku tempat mistis, Halaman Lawang sering jadi posisi prewedding serta spot gambar instagramable untuk wisatawan.

Baca Juga:   Inilah 10 Tempat Wisata di Kota Bogor Yang Hits dan kekinian
Brown Canyon, Semarang

Semacam Grand Canyon di Amerika Serikat, Semarang pula mempunyai halaman batu Brown Canyon. Tepatnya berlokasi di perbatasan dengan Kabupaten Demak, Brown Canyon nyatanya ialah areal sisa galian bukit. Sehingga saat ini, tempat tersebut jadi perbukitan berbatu curam dengan warna merah kecoklatan. Turis juga terencana tiba berkunjung ke mari demi menikmati keelokan panorama yang menegaskan keajaiban alam di Daratan Amerika tersebut.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Solo ialah salah satu daerah di Jawa Tengah dengan masih mempertahankan secara teguh budaya Jawa. Buat merasakan pengalaman adat istiadat Jawa, kalian dapat berkunjung ke Keraton Surakarta. Nuansa kebudayaan Jawa sangat kental dari arsitektur keraton. Kalian juga hendak menikmati suguhan pertunjukan, semacam tari serta atraksi tradisional. Mulai dari kirab, grebeg, sampai sekaten diselenggarakan secara berkala di dalam keraton. Jangan hingga ketinggalan, ya!

Candi Borobudur, Magelang

Tidak butuh heran jika Candi Borobudur masuk dalam itinerary dikala liburan ke Jawa Tengah, kan? Ialah salah satu keajaiban dunia, candi ini ialah candi Buddha terbanyak di dunia. Sebab pesona yang dimilikinya, Borobudur sudah jadi salah satu web peninggalan dunia dari UNESCO. Web kuno ini nampak anggun di antara ladang hijau serta perbukitan. Tidak hanya difoto serta menikmati panorama alam, wisatawan juga dapat membaca relief yang jadi media bertutur untuk pemahat candi. Waktu terbaik buat berkunjung ke Borobudur merupakan dikala perayaan waisak dengan momen pelepasan lampion yang penuh dengan nuansa damai.

Punthuk Setumbu, Magelang

Tidak jauh dari posisi Candi Borobudur, kalian dapat melanjutkan ekspedisi wisata jawa tengah dengan berkunjung ke Punthuk Setumbu. Tempat wisata perbukitan dengan ketinggian 400 m di atas permukaan laut ini terletak dalam gugusan Pegunungan Menoreh. Berkunjung dikala pagi hari merupakan momen terbaik sehingga kalian dapat melihat sunrise. Kalian juga dapat menikmati menawannya Candi Borobudur yang diselimuti kabut dari kejauhan.

Lembah Sindoro Posong, Temanggung

Wisata alam yang pantas kalian datangi di Kabupaten Temanggung merupakan Lembah Sindoro Pisong. Destinasi ini berlokasi di dekat gunung kembar, Sindoro serta Sumbing. Panorama alam sunrise dari lembah ini tidak kalah indahnya dengan latar 2 gunung tersebut sambil menikmati hawa fresh dari polusi. Tidak harus takut soal tempat, ada gubuk- gubuk selaku spot buat melihat matahari terbit yang disediakan untuk turis, kok.[bp]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Jateng

To Top