Connect with us

Berakhir Pekan – 1001 Tempat Wisata Populer dan Viral Saat Ini

[Terbaru] 19 Tempat Wisata Sinjai Terpopuler serta Viral

Sulsel

[Terbaru] 19 Tempat Wisata Sinjai Terpopuler serta Viral

2,655 Total Pengunjung.

Sinjai adalah salah satu kabupaten di sulsel yang kaya akan destinasi wisata terkenal dan viral, salah satunya adalah wisata tersembunyi Kampung Galung Barania, disini kita bisa melihat pemandangan sawah yang bertingkat-tingkat, tak kalah indahnya dengan wisata ubud di Bali. Berikut ini 19 Tempat Wisata Sinjai Terpopuler dan Viral.

Sebagian tempat wisata di Sinjai berikut ini pantas dipertimbangkan buat lekas didatangi oleh para turis, paling utama para turis yang saat ini ini lagi” stay” di Provinsi Sulawesi Selatan. Butuh dikenal, Sinjai merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, yang mempunyai sebagian tempat wisata yang tidak kalah menarik daripada tempat wisata di kabupaten yang lain di Provinsi Sulawesi Selatan. Mulai dari tempat wisata kekinian sampai tempat wisata alam terdapat di kabupaten yang dijuluki” Bumi Panrita Kitta” ini. Lalu, apa saja tempat wisata di Sinjai yang rekomended buat didatangi tersebut? Berikut pembahasan lengkapnya.

 

19 Destinasi Wisata Terbaru serta Viral Di Kabupaten Sinjai

Tepi laut Karampuang

Tidak hanya di Pulau 9, serta Tepi laut Ujung Kupang, terdapat satu lagi tempat wisata tepi laut di Kabupaten Sinjai, yang pula pantas dipertimbangkan buat didatangi oleh para turis, ialah Tepi laut Karampuang. Cuma saja, tepi laut yang terletak di Desa Pattongko, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini belum mempunyai sarana yang memandai. Meski begitu, panorama yang ditawarkan tepi laut ini lumayan eksotis.

Air Terjun Laliako

Destinasi wisata berikutnya terletak di Dusun Tonrong, Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat, dengan jarak dekat 45 kilometer dari pusat kota Sinjai. Air terjun dengan ketinggian menggapai dekat 35 m ini menawarkan hawa yang sejuk sebab lokasinya yang jauh dari perkotaan serta terletak di dasar suatu lembah dengan panorama alam alam yang masih sangat asri. Yang unik dari air terjun ini adalaj puncaknya yang dibagi jadi 5 aliran air terjun yang silih berdampingan. Di dasar air terjun tersebut, ada suatu kolam yang dihiasi dengan batu besar yang berjejer yang terus menjadi buatnya tambah menawan. Buat alibi keselamatan, bila kalian ingin mandi di air terjun ini, kalian wajib terlebih dulu mencermati debit airnya.

Benteng Balangnipa

Buat kalian pecinta bangunan kuno, kalian dapat memasukkan Benteng Balangnipa ke dalam catatan kunjungan kalian. Tempat yang sarat hendak nilai sejarah perjuangan rakyat Indonesia ini berbentuk bangunan serta benteng yang telah berdiri semenjak abad ke 15 serta dibentuk oleh Kerajaan Tellu Limpoe di atas lahan seluas dekat 2. 500 m persegi. Salah satu energi tarik dari benteng yang terletak di Jalur Sungai Tangka, Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara merupakan beberapa barang memiliki yang dimilikinya. Bila berkunjung ke mari, kalian dapat memandang suatu meriam berbahan tembaga, sebagian porselen kuno dari Ming, Shati serta pula Ching. Tidak hanya itu, kalian pula hendak menjumpai keramik- keramik khas Eropa serta Jepang yang pernah digunakan bangsa Belanda di masa penjajahan.

Baca Juga:   10 Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Bone Yang Paling Viral

Kampung Galung Barania

Kampung Galung terletak di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Akses jalur mengarah ke posisi, relatif bagus. Baik ditempuh mengendarai roda 2 ataupun 4. Kampung Galung terdapat semenjak tahun kemudian, serta dibesarkan oleh kepala desa serta warga setempat. Kampung Galung menawarkan panorama alam indah khas pedesaan, sawah terasering. Di posisi ini pula ada gazebo serta spot selfie yang luar biasa. Lokasinya sangat gampang dijangkau oleh kendaraan universal. Makan di tepi sawah dengan panorama alam asri, pasti membagikan sensasi aduhai. Perihal yang menarik dari Kampung Galung merupakan selaku tempat cocok berswafoto. Terlebih menyajikan panorama alam hamparan sawah yang menghijau, terdapat gazebo yang dapat dihuni bersantai serta berteduh.

Batu Pake Gojeng

Destinasi wisata Batu Pake Gojeng pada mulanya digunakan selaku benteng pengintai pula markas pertahanan Jepang. Tujuannya merupakan buat mengawasi tiap kapal laut serta pesawat hawa yang melintasi Teluk Bone. Sama halnya semacam guna dari benteng ini di masa kemudian, dari tempat ini, kalian bisa mengintai panorama alam pusat kota Kabupaten Sinjai. Tidak hanya itu, kalian juga dapat melihat keelokan hutan mangrove di desa Tongke- Tongke dan deretan pulau- pulau yang indah dari kejauhan.

Air Terjun Barania

Tempat wisata di Sinjai, yang pula rekomended buat didatangi selanjutnya ialah Air Terjun Barania. Lokasinya terletak di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Cuma saja, para turis wajib melaksanakan ekspedisi yang lumayan meletihkan buat mengarah ke posisi air terjun ini. Tetapi, seluruh itu hendak terbayar dengan panorama alam yang ditawarkan oleh air terjun setinggi kurang lebih 60 m ini.

Air Terjun Barambang

Air terjun yang terletak diantara 2 desa, ialah Desa Batu Belerang, serta Desa Barambang di Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini dijuluki pula selaku” Air Terjun Kembar”. Perihal ini disebabkan, di tempat wisata ini ada 2 buah air terjun dengan ketinggian masing- masin dekat 20 m. Dimana dikenal, kedua air terjun tersebut cuma berjarak kurang lebih 50 m saja.

Rumah Adat Karampuang

Karampuang merupakan nama suatu kampung adat di Desa Tompo Bulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Di kampung ini sebagian rumah adat yang dinamakan” Rumah Adat Karampuang”. Dinamakan” Rumah Adat Karampuang” sebab tadinya rumah- rumah tersebut dipercaya oleh penduduk setempat selaku tempat pertemuan para bangsawan Suku Makassar( Karaeng), serta Suku Bugis( Puang). Konon katanya, tidak sembarangan orang diizinkan masuk ke kampung yang masih memegang teguh nilai- nilai budaya lokal ini, serta wajib dicoba suatu ritual spesial saat sebelum orang dari luar diperbolehkan masuk ke kampung adat ini.

Baca Juga:   Inilah 12 Mall Yang Ada di Kota Makassar dan Sekitarnya

TPI Lappa

Kala berangkat melancong, umumnya para turis tidak cuma penasaran dengan beberapa tempat wisata di wilayah tersebut, tetapi pula penasaran dengan sebagian perihal yang berbau kuliner, semacam TPI Lappa. TPI Lappa ialah suatu tempat pelelangan ikan fresh hasil tangkapan para nelayan di Kabupaten Sinjai. Disamping itu, ada pula sebagian rumah makan disekitar tempat pelelangan ikan tersebut. Lebih menariknya lagi, para turis yang mau merasakan sensasi makan ikan hasil tangkapan langsung dapat membelinya dari para nelayan, serta memohon dimasakan oleh para koki di sebagian rumah makan disekitar TPI Lappa tersebut.

Bendungan PLTA Manipi

Tempat wisata di Sinjai, yang rekomended buat didatangi terakhir ialah Bendungan PLTA Manipi. Lokasinya terletak di Desa Bonto Salama, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Lokasinya berbatasan langsung dengan Malino di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, sehingga tidak heran bila kawasan ini memiliki panorama alam yang lumayan eksotis.

Pulau Sembilan

Tempat wisata di Sinjai yang rekomended buat didatangi awal ialah Pulau 9. Secara administratif, pulau ini terletak didalam daerah Kecamatan Pulau 9, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Dinamakan” Pulau 9″ sebab kawasan wisata ini terdiri dari 9 pulau, ialah Pulau Kambuno, Burunglo’ e, Kodingere, Batanglampe, Katindoang, Liang- Liang, Kanalo I, Kanalo II, serta Lare- rea. Kesembilan pulau tersebut memiliki tepi laut berpasir putih bersih dengan ombak yang tidak begitu besar, sehingga sesuai dijadikan selaku tempat berolahraga air semacam berenang, menyelam, serta lain sebagainya.

Hutan Mangrove Tongke- Tongke

Tempat wisata di Sinjai yang rekomended buat didatangi turis selanjutnya ialah Hutan Mangrove Tongke- Tongke. Hutan Mangrove Tongke- Tongke merupakan suatu hutan bakau seluas kurang lebih 786 hektar. Hutan Mangrove Tongke- Tongke sangat kaya hendak vegetasi alam. Apalagi, oleh sebagian ilmuan yang sempat melaksanakan riset di hutan bakau ini menjulukinya selaku” Laboratorium Bakau Sulawesi Selatan”. Bila kalian penasaran dengan hutan bakau ini? Kalian dapat mendatangi di Desa Tongke- Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Umumnya, hutan bakau ini buka tiap hari, dari jam 08: 00 sampai jam 17: 45.

Tepi laut Ujung Kupang

Kurang lebih sama dengan pantai- pantai di Pulau 9, tepi laut yang terletak di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini pula menawarkan suatu tepi laut dengan hamparan pasir putih. Disamping itu, lokasinya berdekatan langsung dengan gugusan Pulau 9, serta Hutan Mangrove Tongke- Tongke. Sehingga, para turis dapat langsung mendatangi kedua tempat wisata tersebut sehabis puas menjelajahi tepi laut ini. Lebih menariknya lagi, tiap tahunnya senantiasa diselenggarakan lomba perahu tradisional, serta aktivitas budaya bernama” Marimpa Salo”, ialah suatu aktivitas ritual yang bermakna syukuran atas hasil panen, baik hasil panen bumi ataupun laut.

Air Terjun Lembang Saukang

Kabupaten Sinjai di Provinsi Sulawesi Selatan pula mempunyai sebagian tempat wisata air terjun, yang pula rekomended buat didatangi oleh turis, salah satunya merupakan Air Terjun Lembang Saukang. Air terjun yang lokasinya terletak di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini mempunyai wujud yang” lumayan” unik. Dikatakan” unik” sebab, air terjun mengalir di batuan yang bertingkat- tingkat. Perihal inilah yang membuat air terjun ini kerap diucap selaku” Air Terjun 7 Tingkatan”. Cuma saja, sehabis musibah banjir pada tahun 2006 silam, struktur batuannya hadapi pergantian, serta cuma tersisa 3 tingkatan saja.

Baca Juga:   Tempat Camping Bergensi di Lembah Hijau Malino, Sepotong Surga di Dataran Tinggi Malino Gowa

Kompleks Batupake Gojeng

Pada masa penjajahan jepang, Halaman Batupake Gojeng digunakan selaku salah satu markas pertahanan pasukan jepang buat mengintai kapal laut, serta pesawat kepunyaan pasukan sekutu di Kabupaten Sinjai. Saat ini, tempat yang terletak di Desa Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini difungsikan selaku salah satu tempat wisata budaya serta sejarah di Kabupaten Sinjai. Di Halaman Batupake Gojeng ini, para turis dapat menciptakan suatu kuburan batu, serta sebagian tipe barang cagar alam budaya semacam fosil kayu, peti mati, serta keramik yang diperkirakan berasal dari Jaman Dinasty Ming.

Benteng Balangnipa

Tempat wisata di Sinjai yang rekomended buat didatangi oleh turis berikutnya ialah Benteng Balangnipa. Benteng Balangnipa merupakan suatu bangunan yang dibentuk pada abad ke- 15 oleh Kerajaan Tellulimpoe. Sehabis tidak lama berakhir dibentuk, bangunan ini sukses direbut oleh belanda. Sepanjang terletak ditangan belanda, bangunan ini hadapi sebagian kali renovasi, sehingga terselip style arsitektur khas eropa. Bila kalian penasaran dengan bangunan ini? Kalian dapat mengunjunginya di Jalur Sungai Tangka, Desa Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Bamboo Village

Kabupaten Sinjai di Provinsi Sulawesi Selatan pula memiliki beberapa tempat wisata kekinian, yang pula sangat rekomended buat didatangi oleh turis, salah satunya merupakan Bamboo Village. Tempat wisata yang lokasinya terletak di Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini mempunyai sebagian spot gambar instagramable, yang dibuat dari bahan bambu.

Bukit Vandiam

Bila kalian mau memandang panorama alam indah deretan Pulau 9 dari kejauhan? Hingga kunjungilah Bukit Vandiam di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Disamping itu, di bukit ini pula ada beberapa spot gambar yang kekinian serta instagramable, mulai dari dudukan cinta, panah cinta, ayunan, sampai sebagian gazebo, serta yang lain. Lebih asiknya lagi, tempat wisata ini dapat didatangi secara free.

Bukit Pelangi

Tidak hanya Bamboo Village, serta Bukit Vandiam, terdapat satu lagi tempat wisata kekinian di Kabupaten Sinjai, yang pula menarik buat didatangi turis, ialah Bukit Pelangi. Umumnya, tempat wisata ini buka tiap hari, dari jam 08: 00 sampai jam 23: 00. Tempat wisata yang terletak di Desa Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini menawarkan sebagian spot gambar yang instagramable dengan latarbelakang ibukota Kabupaten Sinjai serta Pulau 9 dari kejauhan.[bp]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sulsel

Blogarama - Blog Directory
To Top