Connect with us

Wisata Kampoeng Galung Sinjai

Sulsel

Wisata Kampoeng Galung Sinjai

120 Total Pengunjung.

Sinjai, Berakhirpekan.com – Sahabat Traveller, kali ini kami akan mengulas mengenai wisata Kampoeng Galung di Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat kabupaten Sinjai provinsi Sulawesi selatan, wisata kampoeng galung sinjai mendadak viral setelah dikunjungi Pak Sandiaga uno, menteri pariwisata dasn ekonomi kreatif Jokowi. Mendadak banyak yang bertanya dimana dan bagaimana itu Wisata Kampung Galung Sinjai, nah pada kesempatan kali ini Berakhir pekan akan mengulasnya.

Hamparan sawah membentang sejauh mata memandang. Pemandangan sawah-sawah dengan padi menguning di belah jalan. Praktis tampak persawahan di kiri dan kanan jalan. Wisata persawahan itu bernama Kampung Galung, dalam bahasa setempat berarti Kampung Sawah. Kampung ini berada di Desa Barania, Sinjai Barat, sekitar 115 km dari Kota Makassar, ibu kota provinsi, kurang lebih 45 km dari kota Sinjai. Di lokasi ini dibangun sedikitnya sepuluh gazebo di pematang sawah. Di gazebo pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang asri dengan udara segar. Penataan Kampung Galung atas inisiatif warga di desa itu. Di Kampung Galung, kita sudah dapat menikmati pemandangan persawahan yang sangat alami, hijau, aliran air yang jernih dan juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum berupa gazebo di tengah-tengah persawahan, toilet umum, serta kolam renang.

Kekaguman ini beralasan. Memasuki pintu gerbang Desa Barania, kita disambut suasana yang sejuk dan sapaan warga yang ramah. Di kiri kanan jalan terdapat beberapa homestay bagi pengunjung yang akan tinggal beberapa hari.

Memasuki kawasan wisata Kampung Galung, sesuai namanya ‘galung’ yang dalam bahasa Bugis/Konjo berarti ‘sawah’, kita langsung disambut hamparan hijau dan kuning sawah dengan udara sejuk semilir angin. Sepanjang jalan sekitar 2 km telah dibeton sehingga memudahkan akses ke lokasi. Objek wisata ini tampak terkelola dengan baik dilihat dari banyaknya fasilitas pendukung. Tidak hanya jalan beton yang meliuk tetapi juga fasilitas penunjang lainnya seperti gazebo, warung kuliner, kolam renang, dan camping ground.

Baca Juga:   PO PIPOSS Perusahaan Bus Tertua di Sulsel

Pengunjung bisa berswafoto dengan latar pemandangan sawah terasering yang indah dari segala arah. Meski berjalan kaki jauh mendaki namun tak terasa lelah. Suara aliran air di saluran pengairan sebelah kanan kiri jalan memberi kenyamanan tersendiri. Jika merasa haus, terdapat beberapa kafe di pinggir jalan yang bisa disinggahi untuk sekedar menghilangkan rasa haus sambil menikmati pemandangan. Beragam kuliner lokal yang sehat juga tersedia. Tempat yang bagus untuk melepaskan penat, bebas dari rutinitas keseharian. Tak hanya Kampung Galung dengan wisata sawah teraseringnya, Desa Barania juga memiliki destinasi wisata lainnya, yaitu Air Terjun Barania, yang berada di Dusun Mattirohalia, tak jauh dari Kampung Galung ini.

Meski berada di pelosok, lokasi Kampung Galung tak sulit untuk ditemukan. Berjarak sekitar 147 kilometer dari Kota Makassar, dan 45 kilometer dari Kota Sinjai. Karena akses internet yang lancar, lokasi ini mudah dilacak menggunakan Google cukup mengetik ‘Kampung Galung Sinjai’. Kabupaten Sinjai memiliki potensi wisata yang besar karena kondisi tiga dimensi alamnya, dari pegunungan hingga pesisir. Selain Kampung Galung di Desa Barani, terdapat sejumlah objek wisata yang tersebar di 10 desa lainnya yang telah terdaftar di aplikasi Jaringan Desa Wisata (Jadesta).

Potensi kami punya mulai pegunungan, sampai pesisir. Tiga dimensi kami sudah lengkap. Peluang dan potensi ini tidak kita diamkan saja tapi sesuai dengan arahan bupati, semua OPD harus mengambil peran, termasuk mendorong keterlibatan masyarakat di dalamnya. Meski pembangunan desa wisata ini menggunakan Dana Desa, namun pemda tetap memberikan dukungan sesuai porsi atau peran yang diberikan padanya. Selain infrastruktur dukungan pemda juga berupa pelatihan untuk UMKM terkait pengelolaan pariwisata, homestay, pemandu atau guide. Itulah informasi mengenai wisata kampung galung Sinjai, semoga bermanfaat.[bp]

Baca Juga:   10 Tempat Wisata Terkini dan Viral di Kota Palopo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sulsel

To Top